Belajar Politik

5 Alasan Belajar Ilmu Politik Untuk Mahasiswa

Alasan mempelajari politik, Pemerintah dan Politik merupakan A Level yang luar biasa yang sudah menunjukkan kepada kita betapa besar pengaruh politik terhadap kita serta telah mematahkan ilusi bahwa kita terputus darinya.

Beberapa bulan terakhir kita sudah melihat referandum Kemerdekaan  Skotlandia, serangan terhadap kebebasan berbicara di Paris dan, yang terpenting, Pemilihan Umum sekarang sudah di depan mata. Selain dari manfaat besar yang di bawa dalam kurus ini dalam hal pemahaman mengenai peristiwa yyang terjadi di sekitar kita, di bawah ini ada 5 alasan utama kenapa kita harus belajar politik.

1.Membantu Memahami Partai Bangsa

Setelah hanya satu periode subjek kalian sudah belajar mengenai demokrasi serta hak – hak, ideologi, kebijakan partai, Konstitusi dan Parlemen. Dengan pengetahuan yang di peroleh, kalian akan bisa menyaksikan peristiwa yang terjadi di seluruh dunia. Sesudah melihat reaksi para pemimpin kalian terhadap peristiwa ini dan sudah memahami reaksi ini sebagai demonstrasi dari apa yang sudah kalian pelajari.

2.Membantu Kita Mengetahui Hak Kita

Kursus politik ini akan memungkinkan kalian untuk melihat melampaui keyakinan awal kalian bahwa kalian tak memiliki suara nyata dalam menjalankan negara kalian. Hal ini benar – benar akan mendidik kita mengenai bagiqan fundamental dari masyarakat kita serta telah membantu kita dalam memahami.

Bahwa kalau kita terlibat ke dalam proses politik, memakai titik – titik tekanan yang di bangun ke dalam sistem, maka setiap individu akan benar – benar punya kesempatan untuk mengubah dunia.

3.Politik adalah Subjek yang Hidup dan Bernapas

Di dalam politik, mungkin buku teks sudah sangat ketinggalan zaman. Karena, lanskap politik akan berubah setiap hari. dengan berbagai contoh baru yang terus bermunculan di media. Memilih contoh mana yang akan di pakai dalam jawaban kalian atas pertanyaan esai benar – benar menarik karena sesuatu yang sudah terjadi pada hari kalian mengikuti ujian bisa muncul dalam respons kalian.

4.Mempersiapkan Kalian Untuk Kehidupan Dewasa

Dunia politik benar – benar terbuka untuk para remaja. Dengan pemungutan suara kalian bisa memiliki kemampuan untuk mengubah bangsa dan kemungkinan prinsip – prinsip yang sudah di pegang teguh bisa berkembang.

Dengan adanya pemikiran ini, maka bisa dengan mudah di katakan kalau Pemerintah dan Politik adalah mata pelajaran yang paling bisa di terapkan yang di tawarkan di sekolah mana pun. Serta juga merupakan mata pelajaran yang harus di dorong untuk di ambil oleh orang – orang. Karena tak kurang dari cara menyiapkan kalian untuk memasuki masa dewasa di dunia.

5.Memperjelas Apa Yang Kalian Percayai

Mempelajari hal – hal yang sudah kita pelajari telah memberikan kita kesempatan untuk menemukan keyakinan politik kita sendiri. Serta untuk melihat secara lebih rinci keuntungan serta kerugian dari berbagai ideologi politik yang hadir di dunia sekarang ini.

Mampu mengungkapkan apa yang kalian yakini secara akurat dan ringkas akan sangat berguna. Selain itu juga akan memaksa kalian untuk benar – benar melihat diri sendiri.

Itulah beberapa alasan kenapa para mahasiswa juga harus setidaknya paham dengan sedikit ilmu politik yang ada di Indonesia. Dengan mempelajari politik, kita tak akan mudah di bohongi dan tahu apa yang harus kita lakukan dalam situasi tertentu. Jadi, bagi kalian para mahasiswa, jangan lupa pelajari politik juga ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *