Belajar Agama

Pentingnya Pendidikan Agama Untuk Mahasiswa di Era Digital

Saat ini kuliah dianggap menjadi salah satu cara cepat untuk meraih kesuksesan. Hal itulah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk mengejar pendidikan mereka mati-matian. Setelah berkuliah, mereka akan menghabiskan waktu mereka untuk mengejar nilai yang baik, mengerahkan segala biaya, dan tenaga untuk urusan kuliah. Memang, ada banyak orang yang seperti itu, namun tentu saja tidak semua orang berpikiran demikian.

Banyak mahasiswa yang menerapkan konsep belajar seperti ini dan malah membuat mereka menghadapi depresi. Hal ini disebabkan karena mereka kurang seimbang antara pendidikan formal dan yang informal. Nah, inilah peran agama dinilai penting. Dengan ilmu agama, seseorang akan dapat mdibekali dengan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dengan baik dan benar menurut ilmu agama.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat ilmu agama penting bagi mahasiswa, terutama di era digital yang ada saat ini.

1. Dapat Terhindar dari Pergaulan yang Kurang Baik

Para mahasiswa yang kurang memahami mengenai agama maka akan lebih cenderung mudah untuk terbawa arus pergaulan. Hal ini membuat mereka akan lebih mudah untuk tumbuh menjadi sosok yang tidak memiliki akhlak yang baik. Dunia kuliah jika dilihat dari luar memang hanya seperti pendidikan formal saja, namun didalamnya ada banyak dampak negatif yang bisa masuk ke dalam kehidupan mahasiswa itu sendiri. Jika tidak dapat melindungi diri dengan baik, maka tentu saja akan mudah untuk terjerumus ke dalam hal tidak baik tersebut.

2. Seimbang Baik Dunia dan Akhirat

Kini banyak universitas yang memadukan agama dengan pendidikan. Ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi tempat menimba ilmu yang cocok jika tetap ingin mengimbangi pendidikan dengan agama. Dengan demikian, selagi kuliah maka kamu akan selalu terlindungi dari segala godaan dunia yang menjerumuskan.

3. Dapat Menjaga Diri

Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika pergaulan di masa kuliah cukup bebas, karena di sana kita akan menemukan banyak teman yang memiliki latar belakang berbeda. Mereka datang dari berbagai macam daerah yang mungkin saja belum kamu kenali budayanya sebelumnya. Sebab itu saat ini ada banyak universitas dengan backing agama untuk membantu kamu menjaga diri dari hal yang tidak diinginkan.

Sebagai orang tua atau mahasiswa yang sudah dewasa, seharusnya kita lebih aware dengan hal-hal semacam ini. Untuk itu penting bagi kalian menimba ilmu dengan fokus pada agama juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *