Kesehatan

Manfaat Ketika Konsumsi Vitamin B Setiap Hari

Memperoleh asupan harian kompleks vitamin B dapat memberikan sejumlah keuntungan signifikan bagi kesehatan secara keseluruhan.

Kelompok vitamin B kompleks mencakup delapan vitamin B esensial yang memegang peranan penting dalam berbagai proses fisiologis, termasuk konversi makanan menjadi energi, sintesis sel darah merah, dan menjaga fungsi neurologis yang optimal.

Kelompok vitamin B ini meliputi vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (folat), dan B12 (kobalamin).

Sumber makanan alami yang kaya vitamin B meliputi produk hewani seperti daging dan telur, produk susu, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Tambahan pula, suplemen yang mengandung vitamin B kompleks tersedia untuk menyokong asupan nutrisi harian kita.

Berikut adalah sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh dari asupan rutin kompleks vitamin B:

Keuntungan Rutin Mengonsumsi Kompleks Vitamin B

  • Menunjang Fungsi Neurologis

Kompleks vitamin B, khususnya vitamin B6, B12, dan folat, berperan dalam menjaga fungsi neurologis dengan mempengaruhi sintesis dan operasi neurotransmitter, yang merupakan molekul pemancar sinyal antarneuron.

Beberapa neurotransmitter yang dipengaruhi oleh kompleks vitamin B termasuk dopamin, serotonin, dan asetilkolin, yang semua terkait dengan regulasi emosi, proses berpikir, dan daya ingat.

Kurangnya vitamin B6, B12, atau folat bisa berakibat pada masalah fungsi neurologis, termasuk penurunan daya konsentrasi, perasaan depresi, masalah dengan daya ingat, dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

  • Mendukung Kesehatan Kerangka Tubuh

Kompleks vitamin B, khususnya vitamin B12, folat, dan riboflavin, berkontribusi pada kesehatan kerangka tubuh dengan mengatur homeostasis kalsium dan fosfat, dua unsur vital bagi pembentukan dan kepadatan kerangka tubuh.

Ketiadaan cukup vitamin B12, folat, atau riboflavin dapat meningkatkan potensi osteoporosis, suatu kondisi yang membuat tulang menjadi rapuh dan lebih mudah retak.

  • Menjadi Sumber Energi Alternatif bagi Tubuh

Kompleks vitamin B, terutama vitamin B1, B2, B3, B5, dan B7, berperan sebagai sumber energi tambahan dengan cara membantu mengkonversi karbohidrat, lemak, dan protein menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi utama bagi sel-sel di dalam tubuh.

  • Penurunan Risiko Kanker Kulit

Kompleks vitamin B, dan lebih spesifik lagi vitamin B3 (niacin), memiliki potensi dalam menurunkan risiko kanker kulit dengan cara melindungi sel-sel kulit dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh paparan UV.

Niacin juga membantu dalam perbaikan DNA yang telah rusak serta mencegah perkembangan sel-sel kanker. Studi telah mengindikasikan bahwa konsumsi suplemen niacin bisa mengurangi risiko terjadinya kanker kulit non-melanoma hingga 23%.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan