Uncategorized

Makanan dan Jajanan SD yang Mengingatkan Memori Masa Kecil

ist-pasion.com – Jajanan SD tidak hanya menggugah selera tetapi juga merefleksikan kekayaan kuliner lokal. Berikut adalah lima jajanan SD yang masih populer dan mampu membangkitkan memori masa kecil. Masa sekolah dasar (SD) sering kali diingat dengan kenangan manis, termasuk saat-saat rehat di mana aneka jajanan pasar menjadi sajian yang paling ditunggu.

  • Kue Cubit

Mudah ditemukan di depan gerbang sekolah, kue cubit selalu berhasil membuat siswa-siswi rela antre untuk menikmatinya. Biasanya, kue cubit disajikan dalam keadaan setengah matang dengan berbagai topping, seperti meses cokelat atau keju parut, yang meleleh di atasnya. Kue ini dibuat dari adonan tepung terigu, gula, dan telur yang dituang ke dalam cetakan kecil bulat dan dimasak hingga hampir matang. Kue cubit adalah jajanan yang namanya diambil dari cara memakannya, yaitu dengan mencubit.

  • Es Lilin

Varian rasanya yang beragam, dari stroberi hingga durian, memberikan pilihan rasa yang tak pernah membosankan bagi para pelajar. Terbuat dari berbagai rasa buah dan susu, es ini menjadi cara favorit untuk menyegarkan diri setelah bermain atau berolahraga di bawah terik matahari. Dikenal juga sebagai es goyang, es lilin adalah minuman beku yang dijual dalam kemasan plastik panjang.

  • Cilok

Jajanan ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus pedas yang meresap hingga ke dalam bola tepung. Cilok, akronim dari aci dicolok, adalah bola-bola tepung kanji yang direbus dan disajikan dengan tusukan sate. Kini, cilok bahkan telah berevolusi dengan berbagai isian, seperti daging atau keju, yang semakin memperkaya cita rasanya.

  • Bolu Kukus

Kue ini dibuat dengan adonan tepung terigu, gula, dan soda kue yang dikukus dalam cetakan khusus. Bolu kukus sering kali dihias dengan topping seperti cokelat butiran atau parutan keju. Bolu kukus adalah kue berwarna-warni yang teksturnya lembut dan sering kali memiliki rasa manis yang pas. Kue ini tidak hanya lezat tetapi juga sering dijadikan sebagai simbol keceriaan dan warna-warni masa kanak-kanak.

  • Telur Gulung

Jajanan ini seringkali disajikan dengan saus sambal atau saus tomat. Gurih dan praktis, telur gulung menjadi pilihan jajanan yang mengenyangkan dan disukai berbagai usia. Telur gulung adalah jajanan unik yang terbuat dari telur yang digulung bersama dengan irisan sayuran dan kadang daging, lalu dipanggang menggunakan plat besi.

Banyak dari jajanan ini yang kini bisa ditemukan tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga di pasar tradisional hingga kafe-kafe modern yang menghidangkan nostalgia. Keberadaan jajanan SD ini tidak hanya menjadi bagian dari kenangan masa kecil, tetapi juga merupakan bagian dari tradisi kuliner lokal yang terus dipertahankan. Meskipun sederhana, kelima jajanan ini memiliki tempat khusus di hati banyak orang dan terus dicari sebagai pengingat akan kepolosan dan kebahagiaan masa kecil.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan