Uncategorized

Olahraga Bulu Tangkis Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

ist-pasion.com – Olahraga bulu tangkis adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati. Sebab, bulu tangkis adalah olahraga yang mudah dipelajari. Hal terpenting adalah kamu memiliki alatnya dan teman bermain. Setelah itu, bermain di halaman rumah atau lapangan olahraga terdekat. 

Nah, selayaknya olahraga pada umumnya, olahraga ini juga dapat memberikan sejumlah kesehatan untuk tubuh. Lantas, kira-kira apa saja manfaat olahraga bulu tangkis bagi kesehatan? 

Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

Olahraga ini membantu kamu jadi lebih sehat secara fisik dengan memperkuat otot, mempertajam refleks, dan dapat menurunkan berat badan juga. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena mampu membangun ikatan sosial di antara pemain. 

Dalam olahraga ini, kamu akan melakukannya dengan lawan bermain yang membuatnya semakin seru. 

Jika rutin melakukan jenis olahraga ini, berikut ini manfaatnya:

Baik untuk Kebugaran Fisik

Bermain olahraga ini menuntut kamu untuk berlari, menerjang, dan memukul bola. Kemungkinan kamu membakar sekitar 450 kalori per jam. 

Jenis olahraga kardiovaskular ini dapat membantumu tetap dalam kondisi prima. Terutama jika kamu mencari alternatif olahraga cross-training yang baik. 

Baik untuk Kesehatan Secara Keseluruhan

Seperti halnya semua bentuk olahraga, bulu tangkis dapat mengurangi atau menghilangkan risiko terhadap banyak masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas. 

Olahraga ini mampu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. 

Meningkatkan Mobilitas

Seiring bertambahnya usia, mobilitas menjadi terbatas, tetapi tetap aktif membantu mencegah masalah ini. Menjaga dan melumasi sendi, mencegah artritis dan kondisi serupa berkembang. 

Memiliki Manfaat Psikologis

Olahraga ini meningkatkan kebugaran fisik, sehingga membantu mengurangi stres dan kecemasan. Olahraga ini meningkatkan endorfin, yang merupakan neurotransmitter perasaan nyaman di otak dan mampu meningkatkan suasana hati dan tidur. 

Memperkuat Otot

Bermain bulu tangkis membangun dan mengencangkan paha depan, bokong, betis, dan paha belakang. Selain itu, otot inti, otot lengan, dan punggung juga ikut berolahraga. 

Kesehatan Sosial

Untuk bermain bulu tangkis, kamu membutuhkan setidaknya satu lawan. Interaksi sosial dari permainan ini menghasilkan perasaan yang positif setelah sesi di lapangan. Terlebih lagi, Keunggulan dari olahraga ini yaitu kamu bisa melakukannya kapan saja. 

Sebab, bermain olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Jika hujan, kamu akan tetap kering. 

Memperkuat Fleksibilitas dan Otot

Semakin banyak kamu bergerak, maka semakin fleksibel tubuh. Terutama dalam olahraga seperti bulu tangkis yang membutuhkan ayunan dan jangkauan. Selain meningkatkan fleksibilitas, kamu juga mendapatkan kekuatan daya tahan otot. 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat olahraga bulu tangkis selanjutnya adalah membantu mengontrol berat badan karena kualitas pembakaran lemak dan peningkatan metabolisme.

Jika dikombinasikan dengan diet yang tepat, maka penurunan berat badan yang optimal dapat dicapai. 

Selain bermain badminton, ada juga beberapa upaya lain yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Simak rekomendasinya dalam artikel: Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan. 

Menurunkan Risiko Diabetes

Bermain bulutangkis secara rutin bermanfaat dalam menurunkan risiko diabetes atau penyakit gula. Sebab, berkat gerakannya, olahraga ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang pada akhirnya membantu mengurangi risiko penyakit gula. 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *