Uncategorized

5 Penyebab Kulit Berjerawat dan Rasa Gatal Kulit

ist-pasion.com – Kulit dan jerawat yang terasa gatal memang sangat mengganggu. Sebab, rasa gatal ini membuat kamu ingin terus menerus menggaruknya. 

Padahal, menggaruk bagian yang gatal justru bisa memperparah kondisi yang telah ada. Kunci utama untuk mengatasinya yaitu kamu harus tahu apa yang memicu timbulnya rasa gatal.

Pasalnya, ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkannya, seperti keringat atau makanan yang kamu konsumsi. Mari simak informasinya lebih lanjut!

Penyebab Kulit dan Jerawat Terasa Gatal

Penyebab gatal pada kulit dan jerawat amat beragam. Berikut beberapa faktor yang mungkin menjadi pemicu ketidaknyamanan ini:

1. Alergi dan reaksi kulit 

Salah satu penyebab utama gatal pada kulit adalah reaksi alergi terhadap berbagai zat. Nah, zat ini bisa berasal dari makanan, obat-obatan, atau bahan kimia tertentu yang bersentuhan dengan kulit. 

Alergi lantas menyebabkan iritasi, kemerahan, dan rasa gatal yang intens. Sebaiknya, cobalah catat makanan dan minuman apa saja yang kamu konsumsi.

Kamu juga perlu mengingat, apakah gatal muncul setiap kali kamu meminum obat atau suplemen tertentu.

Identifikasi juga bahan kimia, seperti yang terkandung dalam sabun atau sampo yang kamu pakai, apakah bahan tersebut penyebabnya. 

2. Infeksi kulit

Adanya infeksi juga bisa memperparah rasa gatal pada kulit dan jerawat. Infeksi ini bisa karena jamur, bakteri, atau virus.

Jerawat sendiri sering menjadi tempat perkembangan bakteri, terutama ketika folikel rambut tersumbat oleh kotoran dan minyak.

3. Penyakit kulit kronis

Jika kamu sedang mengidap penyakit kulit yang bersifat kronis, seperti eksim atau psoriasis, kondisi tersebut jelas menyebabkan gatal yang berkepanjangan. 

Cara yang paling tepat untuk menghilangkan gatal akibat kondisi ini tentu saja mengobatinya sesuai dengan penyebab penyakit. 

Kamu juga perlu mengingat, hal apa saja yang bisa memperparah gatal akibat penyakit kulit kronis.

Pasalnya, Aktivitas Sehari-Hari Bisa Jadi Penyebab Eksim maupun penyakit kulit kronis lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengelola gatal dengan lebih baik. 

4. Produksi minyak dan keringat berlebihan

Kelenjar kulit yang memproduksi minyak secara berlebihan juga bisa memicu gatal. 

Kondisi ini juga bisa menyumbat pori-pori, sehingga menyulitkan kulit untuk bernapas. Alhasil, jerawat pun bertambah banyak dan semakin gatal.

Lingkungan yang panas dan lembap dapat menyebabkan keringat berlebihan. Pada gilirannya, kondisi tersebut menyebabkan iritasi dan rasa gatal pada kulit. 

Coba lakukan tindak pencegahan untuk mencegah produksi minyak dan keringat secara berlebihan. 

5. Genetik

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki kulit yang lebih sensitif atau rentan terhadap masalah kulit tertentu, termasuk gatal dan jerawat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan