Uncategorized

Cara Mengatasi Jerawat Pada Muka yang Mengganggu

ist-pasion.com – Jerawat umumnya berupa jerawat kecil putih yang jumlahnya cukup banyak. Munculnya jerawat memang kerap menjadi masalah karena bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman.

Pada dasarnya, jerawat sama dengan jerawat biasa. Perbedaannya terletak pada bentuknya saja. Meski kecil, jerawat putih kecil ini juga berisi nanah,  kotoran atau lemak. 

Cara Mengatasi Jerawat yang Mengganggu

Jerawat umumnya muncul di daerah T zone alias zona T di wajah, yaitu pipi dan dahi. Zona ini disebut sebagai daerah yang paling banyak memproduksi minyak dibandingkan bagian lainnya di wajah. Bagian dahi biasanya juga lebih rentan karena sering terpapar minyak dari berbagai produk perawatan rambut.

Nah, berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini:

1. Cuci wajah secara lembut

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan wajah secara lembut. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan iritatif. 

Hindari memakai scrub atau produk pembersih yang kasar, karena dapat membuat jerawat semakin meradang. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori, lalu bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kembali.

2. Gunakan produk penghilang jerawat

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif penghilang jerawat, seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, atau tea tree oil. Bahan-bahan ini efektif dalam melawan jerawat kecil putih dengan membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan. 

Perlu diingat juga untuk menggunakan produk sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Di samping itu, jangan gunakan terlalu banyak agar tidak menyebabkan iritasi kulit. 

3. Jangan memencet atau menggaruk jerawat

Meskipun putih kecil ini terlihat menggoda untuk kamu pencet dan garuk, sebaiknya jangan coba-coba melakukannya. Sebab, Memencet jerawat dapat memperparah peradangan dan menyebabkan infeksi. 

Selain itu, menggaruknya juga dapat menyebarkan kuman dan kotoran ke area sekitarnya. Alhasil, jerawat semakin meradang atau bahkan meninggalkan bekas luka.

4. Hindari penggunaan produk riasan yang berat

Bagi kamu yang memiliki jerawat, hindari penggunaan produk make up yang berat atau mengandung minyak. Hal ini dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi jerawat. Sebagai gantinya, gunakan make up yang ringan, non-komedogenik, dan mengandung SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

5. Perhatikan pola makan dan gaya hidup sehat

Pola makan dan gaya hidup sehat juga berpengaruh pada kondisi kulit, termasuk jerawat. Konsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber protein yang baik.

Lalu, hindari makanan yang dapat memicu jerawat, seperti makanan berlemak dan berminyak. Selain itu, tidur yang cukup, menjaga kebersihan kulit, dan mengelola stres juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Konsultasikan dengan dokter kulit

Jika jerawat kecil putih tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan perawatan yang sesuai untuk mengatasi jerawat. Terkadang, penggunaan obat-obatan topikal atau oral perlu untuk membantu meredakan dan menghilangkan jerawat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan