Uncategorized

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Hanya Lari

ist-pasion.com – Dari banyaknya jenis olahraga, kamu bisa mencoba olahraga lari untuk membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini disebut-sebut efektif untuk menurunkan bobot dan meningkatkan kebugaran tubuh. Lantas, bagaimana sih cara menurunkan berat badan dengan lari?

Membakar Lebih Banyak Kalori 

Rumus menurunkan berat badan simpel kok, kalori yang dibakar harus lebih banyak ketimbang kalori yang dikonsumsi. Nah, menurut penelitian, olahraga berlari dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan kebanyakan olahraga lainnya. Olahraga ini membutuhkan berbagai otot untuk saling bekerja keras secara bersama-sama. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata berlari 1.600 meter di treadmill membakar 33 kalori lebih banyak daripada berjalan kaki. Sementara itu, berlari 1.600 meter di lintasan membakar 35 kalori lebih banyak daripada berjalan kaki. 

Mungkin kamu menganggap kalau 33–35 kalori tidak “seberapa” untuk menurunkan berat badan. Namun, bila jaraknya ditambah menjadi 16 kilometer, artinya tubuh membakar 330–350 kalori lebih banyak daripada berjalan kaki dalam jarak yang sama.

Kesimpulannya, berlari menjadi pilihan olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Alasannya, olahraga ini membakar lebih banyak kalori daripada olahraga alternatif lainnya. 

Terdapat sebuah penelitian yang membandingkan keefektifan berlari dengan berjalan kaki dalam membakar kalori. Studinya yang melibatkan 12 pria dan 12 wanita ini, membandingkan berapa banyak kalori yang terbakar selama berjalan dan berlari sejauh 1.600 meter. Lantas, bagaimana hasilnya?

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *