Uncategorized

Manfaat Lari untuk Kesehatan Pada Tubuh Manusia

ist-pasion.com – Sudah tahu kan kalau menurunkan berat badan tidak cukup bila hanya mengandalkan diet dan istirahat yang cukup saja? Sejatinya, program menurunkan berat badan harus dibarengi dengan olahraga yang rutin. Olahraga mampu membakar kalori dan memangkas lemak-lemak tubuh, sehingga bobot tubuh akan berkurang.

Jenis dan Manfaat Lari

Jangan meragukan keistimewaan lari bagi kesehatan tubuh. Menurut studi yang dipublikasikan Health Promotion Journal of Australia, berlari secara rutin dikaitkan dengan penurunan berat badan, dan mendukung pemeliharaan berat badan yang sehat. 

Hal yang perlu diingat, manfaat di atas didapat bukan dari sembarang lari saja. Sebanyak 4.720 objek penelitian di atas, rutin berlari sejauh 20-40 km tiap minggunya, yang dibagi menjadi 2-5 sesi lari. Singkat kata, jangan berharap bobot tubuh akan berkurang bila kamu hanya berlari “seenaknya” saja. 

Terdapat beragam jenis lari dengan tujuan dan manfaatnya tersendiri. Nah, berikut ini jenis lari dan cara yang bisa kamu coba bila ingin menurunkan berat badan dengan berlari.

  • Lari Interval

Lari interval atau interval running adalah lari pendek dan intens yang diulang beberapa kali dengan jeda singkat di antaranya. Misalnya, lari 5 x 600 meter dengan jogging ringan 400 meter di antara setiap interval. Lari ini melatih kekuatan dan kecepatan lari. 

  • Hill repeats

Hampir mirip dengan lari interval, tapi jenis lari ini dilakukan di atas bukit. Misalnya, 10 x 1 menit lari menanjak ke atas bukit yang dilakukan berulang. Mereka melatih kekuatan dan kecepatan lari sambil meningkatkan stamina.

  • Lari Dasar

Lari dasar atau basic running adalah jenis yang bisa kamu pilih bila ingin menurunkan berat badan dengan berlari. Lari pendek hingga sedang ini berjarak sekitar 10 kilometer dan dilakukan dengan kecepatan alami. 

  • Lari Jauh

Cara menurunkan berat badan dengan berlari bisa dengan memilih jenis lari ini. Lari jauh atau long run berjarak 15-20 kilometer dan dilakukan dengan kecepatan yang stabil atau sama. Lari jenis ini membantu meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan