Uncategorized

Olahraga Catur Memiliki Banyak Fakta yang Tidak Diketahui

ist-pasion.com – Olahraga catur banyak digemari di seluruh dunia. Berbeda dengan cabang olahraga lain, catur membutuhkan stamina mental, keterampilan bermain, dan menganalisis. Di balik keseruannya, ada banyak fakta olahraga catur yang mungkin belum banyak diketahui.

Termasuk dari mana awalnya permainan ini berasal, perlengkapan catur tertua, dan masih banyak lagi. Mau tahu? Yuk simak pembahasannya! 

Fakta Olahraga Catur yang Jarang Diketahui

Olahraga catur memiliki sejarah dan beberapa fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut ini di antaranya:

Asal Usul Catur

Catur sekarang dimainkan di seluruh dunia, tetapi asal-usulnya konon dimulai di India pada abad ke- 6. Sebenarnya, tidak benar-benar diketahui dari mana catur berasal, tetapi mayoritas setuju bahwa India adalah tempat yang paling mungkin.

Permainan catur telah berubah selama bertahun-tahun, dan butuh hampir seribu tahun untuk sampai ke Eropa Selatan. Pada abad ke-15, permainan ini mulai banyak digemari di Spanyol perlahan, dan pada abad ke-19 aturan permainan mulai distandardisasi saat turnamen catur dimulai.

Catur Baik untuk Otak

Selain Sudoku dan teka-teki serta permainan lainnya, catur dinobatkan sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pikiran dan ingatan. Fakta menarik dari olahraga catur ini adalah bahwa pengidap Alzheimer sering didorong untuk bermain catur di waktu luang. 

Selain itu, catur juga telah diperkenalkan di banyak sekolah untuk siswa. Dalam beberapa kasus, manfaat olahraga ini mampu meningkatkan hasil tes anak-anak sekolah.

Perangkat Catur Tertua Digunakan di Harry Potter

Fakta olahraga catur yang satu ini tentunya menarik bagi penggemar film Harry Potter. Konon, perangkat catur tertua yang ditemukan, digunakan selama pembuatan film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Perangkat catur ini ditemukan di Isle of Lewis di Skotlandia, tetapi dibuat di suatu tempat di Skandinavia dan diperkirakan berasal dari pra abad ke-12.

Penemuan Papan Catur Lipat

Papan catur lipat awalnya ditemukan oleh seorang pendeta yang dilarang bermain catur. Pendeta menemukan jalan keluar dengan membuat papan catur lipat. Ketika dilipat dan diletakkan di rak buku, i hanya terlihat seperti dua buah buku. Ini jadi cara terbaik untuk menyembunyikan papan catur. 

Kata “Skakmat” atau “Checkmate”

Bagi penggemar catur, tentu sudah familiar dengan seruan “skakmat” atau “checkmate”, bukan? Konon, kata ini berasal dari frasa Persia “Shah Mat,” yang berarti “raja sudah mati.”

Turnamen Catur Internasional

Fakta olahraga catur selanjutnya adalah tentang turnamen catur internasional. London adalah rumah dari turnamen catur internasional pertama, yang berlangsung pada tahun 1851.

Howard Staunton, seorang master catur asal Inggris, menyelenggarakan acara tersebut sebagai cara untuk menyatukan para pemain catur terbaik di Eropa. Adolf Anderssen memenangkan acara tersebut, mengalahkan 15 pemain lain dan kemudian menjadi juara sepanjang tahun 1850-an dan 1860-an.

Gerakan dalam Permainan Catur

Ada 5.949 gerakan yang mungkin dilakukan dalam permainan catur, yang memungkinkan orang mencuri mahkota lawan. Dengan 64 kotak di papan catur, tidak mungkin membayangkan lebih dari beberapa ribu hasil permainan.

Namun, setelah setiap pemain melakukan empat gerakan, ada lebih dari 318 miliar kemungkinan posisi. Seperti yang diketahui pemain catur, pion dapat bergerak satu atau dua kotak pada langkah pertama mereka. Ini adalah aturan yang dibawa oleh orang Spanyol pada tahun 1280.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan