Uncategorized

Cara Mengatasi Flu Ketika Dalam Masa Menyusui

ist-pasion.com – Ketika terkena flu saat menyusui, pikiran pertama para ibu adalah khawatir bayi akan ikut tertular. Perlu diingat bahwa flu tidak akan menyebar melalui air susu ibu (ASI). Usaha menyembuhkan diri dari flu harus difokuskan agar busui bisa kembali sehat dan beraktivitas. 

Ada berbagai upaya yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi flu. Contohnya dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, pastikan obat yang dikonsumsi sudah berdasarkan dari anjuran atau resep dokter.

Selain mengonsumsi obat-obatan, ada pula cara lain yang bisa ibu lakukan agar tubuh cepat fit. Mau tahu apa saja caranya? Berikut ulasannya!

Cara-Cara Alami untuk  Mengatasi Flu pada Busui

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan di rumah ini untuk meredakan flu pada ibu menyusui, antara lain:

Istirahat dan banyak minum 

Keduanya adalah aspek penting dalam pemulihan flu. Beristirahat dengan cukup sambil tetap terhidrasi agar hidung tidak lagi tersumbat dan mencegah tubuh kurang cairan. 

Minumlah banyak air putih, teh herbal, atau kaldu bening. Sebab, penyakit seperti flu dapat memicu tubuh kehilangan cairan melalui keringat, mempercepat laju pernapasan, dan dehidrasi. Ingat, dehidrasi bisa memengaruhi suplai ASI.

Konsumsi madu 

Jika ingin meminum air hangat atau teh herbal, tambahkan satu sendok teh madu. Madu mengandung antioksidan, antibakteri, dan antimikroba yang melawan virus dan menyembuhkan flu serta gejalanya. 

Selain itu, madu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan yang bisa datang berdampingan bersama flu. Madu juga bisa melapisi dan menenangkan tenggorokan dan mengurangi iritasi yang tak nyaman. 

Gunakan essential oils

Salah satu cara untuk perawatan diri bagi busui selagi flu adalah dengan menggunakan essential oils. Caranya bisa digosok atau dihirup sebagai aromaterapi. 

Essential oils bisa membantu meringankan gejala flu dengan membersihkan saluran pernapasan di hidung dan mengurangi sakit kepala. Contohnya adalah kayu putih dan lavender, yang ampuh meredakan hidung tersumbat dan membantu tubuh jadi rileks. Beberapa essential oils  lainnya bahkan bisa meningkatkan manfaat antivirus dan membantu mengobati infeksi. 

Konsumsi bawang putih 

Masukan bawang putih ke dalam makanan atau  konsumsi suplemen bawang putih yang tidak berbau, bisa jadi alternatif lainnya bagi busui untuk atasi flu. Sebab bawang putih memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu melawan virus yang membawa flu. 

Minum air jahe 

Meminum air jahe atau menambahkan jahe ke dalam makanan bisa membantu meredakan flu. Sebab jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus alami  yang bisa menghambat perkembangan virus flu. Selain itu, jahe juga bisa membersihkan sinus dan  meringankan hidung tersumbat. Jahe juga memiliki sifat ekspektoran yang bisa mengencerkan lendir pada sistem  pernapasan. 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan